indrapratista. Powered by Blogger.
RSS

Tujuh Bulanan? Oh Nooooo....

Nggak terasa ternyata kehamilan gw dah masuk 26 minggu dan perut semakin membuncit. Si ade di dalem juga kayak udah nggak sabar gerak-gerak melulu, muter kiri muter kanan pfuiihhh...mamanya sampe susah tidur nyari posisi.

Selama kehamilan pertama inipun, gw sebenernya agak-agak bingung mengenai hal syukuran. Empat bulanan kemarin udah dilewatin gitu aja tanpa acara apa-apa. Kalau mau ada acara ya di tujuh bulanan ini.

Yang ada dalam pikiran gw, yang namanya upacara slametan, entah itu 4 bulanan atau 7 bulanan, ya diisi dengan tumpengan nasi kuning dan pengajian. Dan yang pastinya ada dalam pikiran gw, semua itu dilakukan dengan prosesi sederhana, dengan mengundang orang seadanya, terutama keluarga dekat.

Tapi memang agak penasaran juga sih, apa itu acara tujuh bulanan sebenarnya. Usut punya usut, buka lah gw si om google, dan berderet disitu memberitakan tentang proses tujuh bulanan (buka deh link ini). Astagfirullah, adat Jawa lagi. Mati deh gw *tepokjdat*ngumpetdipojokan*

Bukan berarti gw mau melupakan atau memungkiri ke-Jawa-an gw dan keluarga turun temurun, tapi rasanya gw udah cukup pusing untuk urusan adat Jawa ini untuk nikahan gw kemarin, yang bikin gw capek setengah mati, pontang panting urus ini itu sampe pengen pingsan dan kalo bisa di skip aja sampe lewat Hari-H.

Belum lagi biayanya yang juga nggak sedikit untuk kelengkapannya. Masa sih gw mesti ngulang itu smua? Haduh nggak kuat deh, blum lagi dengan keadaan gw yang berperut buncit ini, merasakan sedikit lebih lemah dan fragile dibanding keadaan normal gw biasanya.

Kalau cuma diisi dengan tumpengan dan pengajian ya gw masih sanggup lah, tapi kalau mesti adat lagi? Nggak deh makasih. Bukan berarti nggak menghargai warisan leluhur, tapi udah cukup banyak pengeluaran dan tenaga yang mesti terkuras. Mama dulu juga kayaknya nggak ikutan upacara-upacara kayak gitu yah. Tante-tante plus spupu-spupu gw juga kayaknya nggak ada yang serumit itu yah. Please deh saya lelah....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment